LAPORAN FISIKA RODA GIGI LURUS GEDE PARIS PRATAMA TEKNIK MESIN UNY 2015
RODA
GIGI LURUS
PENDAHULUAN
Latar belakang
Roda gigi adalah bagian dari mesin yang berputar yang berguna untuk mentransmisikan daya. Roda gigi memiliki gigi-gigi
yang saling bersinggungan dengan gigi dari roda gigi yang lain. Dua atau lebih
roda gigi yang bersinggungan dan bekerja bersama-sama disebut sebagai transmisi
roda gigi, dan bisa menghasilkan keuntungan mekanis melalui rasio jumlah gigi.
Roda gigi mampu mengubah kecepatan putar, torsi, dan arah daya terhadap sumber daya. Tidak semua roda gigi berhubungan
dengan roda gigi yang lain; salah satu kasusnya adalah pasangan roda gigi dan
pinion yang bersumber dari atau menghasilkan gaya translasi, bukan gaya rotasi.
Transmisi roda
gigi analog dengan transmisi sabuk dan puli. Keuntungan transmisi roda gigi terhadap sabuk dan puli
adalah keberadaan gigi yang mampu mencegah slip, dan daya
yang ditransmisikan lebih besar. Namun, roda gigi tidak bisa mentransmisikan
daya sejauh yang bisa dilakukan sistem transmisi roda dan puli kecuali ada banyak
roda gigi yang terlibat di dalamnya.
Ketika dua
roda gigi dengan jumlah gigi yang tidak sama dikombinasikan, keuntungan mekanis
bisa didapatkan, baik itu kecepatan putar maupun torsi, yang bisa dihitung
dengan persamaan yang sederhana. Roda gigi dengan jumlah gigi yang lebih besar
berperan dalam mengurangi kecepatan putar namun meningkatkan torsi.
Rasio
kecepatan yang teliti berdasarkan jumlah giginya merupakan keistimewaan dari
roda gigi yang mengalahan mekanisme transmisi yang lain (misal sabuk dan puli). Mesin yang presisi seperti jam tangan mengambil banyak manfaat dari rasio
kecepatan putar yang tepat ini. Dalam kasus di mana sumber daya dan beban
berdekatan, roda gigi memiliki kelebihan karena mampu didesain dalam ukuran
kecil. Kekurangan dari roda gigi adalah biaya pembuatannya yang lebih mahal dan
dibutuhkan pelumasan yang
menjadikan biaya operasi lebih tinggi.
Tujuan :
a.
Bagaimana cara kerja sistem
roda gigi lurus
b.
Berapa besarnya KMt, Kmn,
dan PK.
c.
Berapa Efisiensi pada
percobaan
d.
Apa sifat dan karakteristik
system roda gigi lurus
Cari dimana sistem ulir diaplikasikan 3) Menyelidiki pengaruh besar simpangan awal dan jenis beban
terhadap besarnya nilai g yang diperoleh.
Dasar
teori:
Sebuah
pemindah daya menggunakan system roda gigi poros 1 berputar dengan n1
menggerakakn poros 2 yang akan berputar dengan n2. Untuk memindahkan daya
mesin, digunakan roda gigi 1 yang berjumlah gigi z1 dan berdiameter D1 akan
menggeraknakn roda gigi 2 yang berjumlah z2 gigi dan berdiameter D2.agar
sepasang roda gigi bekerja dengan baik, tentunya kecepatan keliling harus sama
(V1 = V2).
Hubungan keliling dengan
banyaknya putaran adalah
, sehingga:
V1 = V2
D1.n1 =
D2.n2
Cara kerja alat :
Bila
tromol yang dipasang pada roda gigi 1 diputar oleh gaya P, maka tromol yang
dipasang pada roda gigi 2 akan berputar juga. Hal ini menyebabkan tali tromol
tergulung dan beban yang dipasang pada tali tersebut naik.
Keuntungan Mekanik
KM
teoritis =
, besarnya sama dengan PK. Menentukan KMt
berdasarkan prinsip kesetimbangan energy :
Usaha beban = Usaha angkat , (efisiensi = 1)
B . hB = P . hP
Bila poros 1 berputar 1x, maka poros 2 berputar
sebanyak
kali, karena tromol 1 dan tromol 2 ukurannya
sama, maka tak ada pengaruhnya terhadap perbandingan kecepatan. Bila P bergerak
sejauh hP, maka beban B telah naik setinggi
.hP.
P . hP = B .
à
=
Sehingga Keuntungan Mekanik teoritisnya (KMt) =
Sedangkan keuntungan mekanik nyata dapat diperoleh
dari hasil percobaan (KMn) =
.
Perbandingan kecepatan (PK)
PK =
=
=
Efisiensi
ή =
=
=
, harganya < 1.
BAB
2 ALAT DAN LANGKAH PERCOBAAN
2.
Alat Percobaan
a.
Perangkat percobaan roda
gigi lurus.
b.
Timbangan.
c.
Jangka sorong.
3.
Langkah Percobaan
a.
Pastikan tali terpasang
dengan benar.
b.
Ambil pemberat sebagai
beban B.
c.
Pada P berilah pemberat
juga sehingga ada tanda-tanda tromol berputar tepat saat beban B akan mulai
bergerak naik. Timbang massa P dan massa B lalu catat.
d.
Percobaan 1 selesai.
e.
Lakukan percobaan dengan B
yang berbeda.
f.
Timbang dengan benar dan
catatlah data B dan P jangan sampai tertukar.
g.
Hitung jumlah gigi pada
setiap roda gigi.
h.
Selesai.
BAB 3 DATA PENGAMATAN
Percobaan
ke
|
B(kg)
|
P(kg)
|
1
|
0,367
|
0,271
|
2
|
0,283
|
0,250
|
3
|
0,250
|
0,218
|
4
|
0,270
|
0,2175
|
5
|
0,2755
|
0,216
|
6
|
0,473
|
0,314
|
7
|
0,448
|
0,2525
|
8
|
0,416
|
0,199
|
9
|
0,737
|
0,449
|
10
|
0,415
|
0,2495
|
11
|
0,453
|
0,2955
|
12
|
0,1705
|
0,163
|
13
|
0,196
|
0,186
|
14
|
0,530
|
0,347
|
15
|
0,198
|
0,173
|
16
|
0,7215
|
0,348
|
17
|
0,468
|
0,330
|
18
|
0,3485
|
0,299
|
19
|
0,681
|
0,473
|
20
|
0,3475
|
0,280
|
PENGOLAHAN DATA
Percobaan ke
|
KMt
|
KMn=
|
ή=
|
1
|
|
1,354243542
|
0,54169742
|
2
|
|
1,132
|
0,4528
|
3
|
|
1,146788991
|
0,4587156
|
4
|
|
1,24137931
|
0,49655172
|
5
|
|
1,275462963
|
0,51018519
|
6
|
|
1,506369427
|
0,60254777
|
7
|
2,5
|
1,774257426
|
0,70970297
|
8
|
|
2,090452261
|
0,8361809
|
9
|
|
1,64142539
|
0,65657016
|
10
|
|
1,663326653
|
0,66533066
|
11
|
|
1,532994924
|
0,61319797
|
12
|
|
1,04601227
|
0,41840491
|
13
|
|
1,053763441
|
0,42150538
|
14
|
|
1,527377522
|
0,61095101
|
15
|
|
1,144508671
|
0,45780347
|
16
|
|
2,073275862
|
0,82931034
|
17
|
|
1,418181818
|
0,56727273
|
18
|
|
1,165551839
|
0,46622074
|
19
|
|
1,4397463
|
0,57589852
|
20
|
|
1,241071429
|
0,49642857
|
harga rata-rata ή=11,387276/20=0,569364
BAB 3 PEMBAHASAN
Roda gigi lurus adalah
pesawat sederhana yang ertujuan untuk memindahkan daya mesin dengan
memanfaatkan gerak rotasi dua roda gigi yang bersinggungan
Roda
gigi z1=30 berputar dan akan menggerakakn roda gigi 2 dengan z2=75. Beban (B)
digantung dengan tali pada poros roda ggi 2 sedangkan penarik (Pn) digantung
pada poros roda gigi 1. Dikarenakan z1<z2, maka ketika Pn bergerak memutar
roda gigi 1 berputar lebih cepat di bandingkan roda gigi 2 sehingga beban (B) terangkat ke atas dengan variasi besar beban
(B) dan penarik (Pn) , berikut data yang kami peroleh:
·
KMt= Z1/Z2=75/35=2,5
·
KMn=
=1,354243542
; 1,132; 1,146788991 dan seterusnya
·
Rata-rata ή= Σ ή /20=11,387276/20=0,569364
·
PK=KMt=2,5
Pada system roda gigi ini keberadaan gigi-giginya berperan
mencegah terjadinya slip sehingga mampu memberikan keuntungan transmisi. Selain
itu rasio kecepatan yang teliti berdasarkan jumlah gigi(Z1danZ2) juga merupakan
salah satu karasteristik system ini. Rasio kecepatan putaran yang tepat ini di
manfaatkan pada jam tangan yang termasuk mesin presisi. Selain pada jam tangan,
roda gigi lurus juga digunakan pada gear box pada mesin.
Pada data kami
mendapatkan selisih KMt-KMn cukup besar. Hal ini dapat di sebabkan karena keadaan
roda gigi yang kurang baik, misalnya poros mulai mengendor, pelumasan yang
kurang dan ketelitiinan kami melakukan percobaan serta perhitunganya, gesekan
tali dengan poros tempat tali berada juga mempengaruhi
KESIMPULAN
A.
Roda gigi lurus dapat mentranmisikan
daya dengan memanfaatkan gerak rotasi kedua roda gigi yang menghasilkan
kecepatan
B.
Kombinasi dua roda gigi yang memiliki
jumlah gigi yang berbeda (Z1<Z2) menghasilkan keuntungan yang mekanis
C.
Keuntungan mekanis teoritis dan nyata
memiliki perbedaan atau selisih yang cukup besar. Ini disebabkan karena adanya
energy yang terbuang dalam proses tersebut
System ini cocok
untuk mesin-mesin presisi seperti jam tangan, gear box da
Komentar
Posting Komentar